08 January 2022, 11:48 WIB

Jaksa Agung Minta Mafia Pupuk Diungkap


Tri Subarkah |

JAKSA Agung Sanitiar Burhanuddin meminta jajarannya mengungkap praktik mafia pupuk di Tanah Air. Ia menyayangkan masih adanya kasus penyelundupan dan penimbunan pupuk bersubsidi seperti di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang meresahkan dan mengganggu petani.

Kasus seperti itu, lanjutnya, juga memberikan efek domino dari berkurangnya produksi pangan dan mengganggu stabilitas ekonomi. Padahal, ketahanan pangan merupakan isu strategis yang menurutnya harus diamankan.

"Ungkap adanya mafia pupuk, rakyat butuh keberadaan pupuk," tegas Burhanuddin melalui keterangan tertulis yang disampaikan Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Sabtu (8/1).

Baca juga: Komjak: Penunjukkan Sunarta sebagai Wakil Jaksa Agung Sudah Tepat

Arahan itu disampaikan Jaksa Agung saat kunjungan kerja ke lingkungan Kejaksaan Tinggi Jambi pada Jumat (7/1). 

Ia memerintahkan setiap Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia untuk segera menelusuri dan mengidentifikasi praktik curang pupuk bersubsidi.

"Melalui operasi intelijen apakah di wilayah hukum masing-masing ada upaya praktik-praktik pupuk bersubsidi, cermati betul setiap proses distribusi pupuk bersubsidi tersebut, apakah tepat sasaran?" ujar Jaksa Agung.

"Dan segera tindak apabila ada pihak-pihak yang mencoba bermain terkait pupuk," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT