29 December 2021, 10:55 WIB

SMRC: Ganjar Paling Berpeluang Menangkan Pilpres 2024


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

LEMBAGA survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei terbaru terkait kecenderungan perilaku politik pemilih nasional. Hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan pada saat survei.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, berdasarkan tiga nama yang selalu ada di urutan atas yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan diketahui Ganjar mendapatkan dukungan terbesar. Survei tersebut dilakukan pada orang yang tahu ketiga tokoh tersebut.

“Survei dilakukan dengan pengetahuan pemilih seperti apa dan siapa yang akan dipilih dari tiga nama tersebut. Hasilnya Ganjar mendapat dukungan terbesar,” kata Sirojudin Abbas, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: NasDem Harap Anies, RK, Khofifah, Ganjar Ikut Konvensi ...

Dia menyebut dalam hasil simulasi terbuka 43 nama Ganjar mendapat dukungan terbesar sebanyak 27,9 persen disusul Prabowo 15,1 persen dan terakhir Anies 14,7 persen. Sedangkan jika jumlah survei dikurangi 15 nama, Ganjar unggul 32,2 persen, Prabowo 17 persen, dan Anies 16,3 persen.

“Kita melihat efek tahu ini cukup berpengaruh terhadap perubahan peta dukungan. Karena jika di awal simulasi 15 nama elektabilitas Ganjar dan Prabowo seimbang, tapi di kalangan warga yang sama-sama mengenal tiga tokoh Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies,” jelasnya.

Survei SMRC ini dilakukan secara random (multistage random sampling) pada 2.420 responden yang ada di seluruh warga Indonesia. Adapun waktu wawancara dilakukan pada 8-16 Desember 2021 dan margin of error diperkirakan sekitar 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo Dinilai Stagnan, Ganjar Meroket

BERITA TERKAIT