24 December 2021, 05:42 WIB

KH Miftachul Akhyar Terpilih Menjadi Rois Aam PBNU 2021-2026


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

KH Miftachul Akhyar terpilih lagi menjadi Rois Aam Nahdlatul Ulama periode 2021-2026 melalui Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Kamis malam jelang dinihari. Miftachul yang sebelumnya menjadi Plt rois aam ini dipilih sesuai kesepakatan 9 kiai sepuh NU yang ada dalam Ahlil Halli Wal Aqdi (AHWA).

"Alhamdulillah AHWA sepakat dengan musyawarah yang penuh dengan kesantunan itu, sepakat bahwa yang menjadi rais aam untuk PBNU 2021-2026 al mukaram Kiai Haji Mifathul Akhyar," kata anggota tim AHWA, Zainal Abidin, saat mengumumkan hasil kesepakatan AHWA di depan para muktamirin di Aula Universitas Lampung.

Baca Juga: 9 Anggota AHWA Terpilih, Selanjutnya akan Memilih Rais Aam

Adapun anggota AHWA lain yang memilih Miftahul sebagai rais aam PBNU 2021-2026 terdiri dari KH Dimyati Rois, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Ma'ruf Amin, KH Anwar Manshur, TGH LM Turmuudzi Badaruddin, KH Miftahul Akhyar, KH Nurul Huda Djazuli, dan KH Ali Akbar Marbun.

Disebutkan, para AHWA sepakat meminta Miftachul untuk mundur dari jabatannya saat ini sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Ini supaya fokus dengan organisasi,” kata Zainal.

Agenda berikut setelah penetapan rois aam ini yaitu pemilihan Ketua Umum Tanfidziah PBNU untuk periode 2021-2026. Namun hingga berita ini diturunkan, proses pemilihan belum juga tuntas. (OL-13)

Baca Juga: Tuntut Mati Heru Hidayat, Kejagung Serahkan Putusan ke Hakim

 

BERITA TERKAIT