22 December 2021, 14:14 WIB

Jokowi: Bersama NU, Indonesia Menjaga Peradaban Dunia


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo mengajak Nahdlatul Ulama secara bersama-sama menjaga peradaban dunia. Dengan kepemimpinan dalam forum G20 ini, pemerintah berharap dapat memperkuat negara berkembang.

“Kita bersama-sama NU untuk peradaban dunia, Indonesia sekarang juga memimpin G20 menjadi keketuaan G20 juga ingin mempengaruhi kebijakan-kebijakan dunia yang berpihak pada negara-negara miskin, kepada negara-negara berkembang, kepada negara-negara kecil, kepada negara-negara kepulauan dalam segala hal utamanya dalam hal digitalisasi, perubahan iklim, dan ekonomi hijau," kata Jokowi dalam sambutannya di Muktamar NU ke-34 di Lampung, Rabu (22/12).

Baca juga: Tongkat Estafet Politik Kebangsaan NU Harus Terus Dilanjutkan

Jokowi mengapresiasi keterlibatan tokoh-tokoh NU yang terus mengawal kebangsaan dan toleransi di Indonesia. Jokowi juga berharap NU ikut terus menjaga dan merawat NKRI.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada NU yang terus mengawal kebangsaan, mengawal toleransi, mengawal kemajemukan, mengawal Pancasila, mengawal UUD 1945, mengawal kebinekaan kita, mengawal NKRI," ungkapnya.

Jokowi juga berterima kasih kepada para ulama atas perannya membantu program vaksinasi virus covid-19 yang dicanangkan pemerintah. Jokowi menceritakan bahwa pada awalnya masyarakat yang enggan divaksinasi AstraZeneca. Namun Jokowi kemudian menerima telepon dari para ulama dan kiai dari Jawa Timur yang bersedia divaksinasi AstraZeneca.

"Besoknya saya ke Jatim, betul para kiai berkumpul dan bener-bener semuanya (bersedia) mau menerima vaksin itu," ungkap Jokowi.

Setelah kejadian, Jokowi mengungkapkan, banyak daerah yang bersedia menerima vaksin AstraZeneca. Jokowi kagum betapa kuatnya kepercayaan masyarakat kepada para kiai dan ulama.

“Inilah pengaruh para ulama para kiai dalam mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi," katanya. (OL-6)

BERITA TERKAIT