19 December 2021, 22:40 WIB

Milenial dan Generasi Z Puas dengan Kinerja Jokowi


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MAYORITAS kaum milenial dan generasi Z merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pembangunan infrastruktur dan penanggulangan covid-19 paling diperhatikan.

"Sebanyak 66,34% generasi milenial dan generasi Z puas dengan cara pemerintahan Jokowi dan Maruf Amin menangani pandemi covid-19 di Indonesia," kata Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting Ratno Sulistiyanto saat menjelaskan hasil survei lembaganya, Minggu (19/12).

Menurut dia, sebanyak 56,89% generasi milenial dan generasi Z merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin. Adapun rincian kepuasan tersebut adalah 49,02% merasa cukup puas dan 7,87% merasa sangat puas.

Survei juga menemukan terdapat tingkat kepuasan yang tinggi terkait upaya Pemerintahan Jokowi-Maruf dalam toleransi umat beragama. Tingkat kepuasan generasi Z dan milenial mencapai 79,33%, sedangkan tingkat ketidakpuasannya hanya berada di angka 20,67%.

Ketika Ratno membandingkan antara kepuasan kinerja pemerintahan secara keseluruhan dengan kepuasan terhadap penanganan covid-19, ia merasa kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi tidak terlalu tinggi.

“Penilaian milenial terhadap pemberantasan korupsi hanya sekitar 39,76%. Sedangkan yang tidak puas berada di angka 60,24 %,” tutur Ratno.

Selain penanganan korupsi, ujar dia, rapor merah yang kedua adalah penanganan permasalahan pengangguran dan kemiskinan. "Terkait dengan isu tersebut, tingkat kepuasan generasi milenial dan generasi Z hanya mencapai 39,76%, sedangkan yang tidak puas berada di angka 60,24%," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT