08 December 2021, 17:32 WIB

Said Aqil Resmi Maju Lagi Pencalonan Ketum PBNU


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

SAID Aqil Siradj resmi menyatakan kesediaannya untuk mencalonkan lagi menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Said Aqil mengatakan sudah mantap memutuskannya setelah melakukan istikharah dan berziarah ke makam para ulama.

"Setelah saya anggap cukup ziarah ke para aulia itu, saya mendapatkan ketenangan hati, ketetapan hati, saya terima permintaan atau perintah dari para kiai," kata Said Aqil dalam konferensi pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/12).

Said mengatakan sudah berpikir panjang dan merenungkan keputusan tersebut. Ia juga berziarah ke makam-makam para kiai yakni Luar Batang, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel, Syaikhona Kholil Bangkalan Madura, kiai-kiai Lirboyo, Hadratusyaikh KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah, KH Bisri Syamsuri, hingga Gus Dur.

Said menjelaskan keputusan itu berangkat dari para kiai sepuh yang memintanya untuk kembali memimpin PBNU. Ia menyebut sejumlah ulama yang memintanya maju kembali yakni Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya Pekalongan, Tuan Guru Haji Turmudzi Badaruddin Lombok.

Kemudian, KH Muhtadi Dimyathi Banten, KH Dimyati Rois Kendal, KH Ali Mashuri Sidoardjo, KH Basyuni Kanali Tasikmalaya, dan KH Abdullah Kafabihi Mahrus Lirboyo Kediri.

"Itu semua kiai-kiai yang saya anggap khos, yang saya anggap memiliki maqom khusus di mata Allah," ucap Said.

Selain dari para kiai sepuh, Said Aqil mengatakan dukungan untuk maju lagi memimpin PBNU juga datang dari para pengurus PWNU dan PCNU. "Saya siap menaati perintah kiai sepuh dan mengabulkan permohonan para pengurus wilayah dan pengurus cabang agar saya siap dicalonkan kembali," ujarnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT