04 December 2021, 18:15 WIB

Ridwan Kamil Mau Gabung Parpol, PKB Terbuka 


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, partainya terbuka dengan Ridwan Kamil yang ingin bergabung dengan partai politik. Jazilul menyatakan pintu partainya terbuka seandainya Gubernur Jawa Barat itu ingin masuk ke PKB. 

"Silakan bila RK (Ridwan Kamil) mau bergabung dengan PKB, pintu terbuka," kata Jazilul saat dihubungi, Sabtu (4/12). 

Meski begitu, Jazilul menilai keinginan Ridwal Kamil ke parpol belum tentu terkait dengan kontestasi di Pilpres 2024. 

Dia mengatakan gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu pernah menyatakan sendiri keterbatasannya untuk bertarung di level nasional. Jazilul memerkirakan Ridwan Kamil ingin masuk partai untuk memerkuat posisinya menjadi gubernur dua periode. 

Baca juga : Anies dan Ridwan Kamil Diimbau MAsuk Partai Jika Berniat Maju Pilpres 2024

"Hemat saya, RK mau masuk parpol karena ingin maju kembali menjadi Gubernur Jawa Barat. RK kan sebelumnya menyatakan diri belum kuat untuk maju dalam pilpres," ujarnya. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil secara terbuka menyatakan niatnya untuk bergabung ke parpol. Dia mengatakan paling tidak tahun depan sudah bisa masuk ke partai. 

Namun, ia belum mengungkapkan parpol yang menjadi tujuannya. Ia mengatakan ada dua peluang kariernya ke depan yakni maju lagi dalam pemilihan gubernur atau ikut berkontestasi dalam pilpres. (OL-7)

BERITA TERKAIT