17 November 2021, 14:10 WIB

Tim Seleksi Komisioner KPU-Bawaslu Tegaskan tak ada Masa Sanggah Tahap Administrasi


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

TIM seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) periode 2022-2027 menegaskan tidak akan ada masa sanggah atau keberatan bagi pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah pengumuman penelitian administrasi.

Anggota tim I Dewa Gede Palguna mengatakan waktu yang diberikan pada para pendaftar dinilai cukup untuk mempersiapkan berkas dan syarat administrasi. Selain itu, ujar dia, waktu yang ditentukan Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), hanya tiga bulan bagi tim seleksi untuk menyelesaikan seluruh proses.

"Masa sanggah tidak ada karena kelengkapan yang kurang selalu diberikan notifikasi atau pemberitahuan, apa yang kurang mengapa kurang. Artinya, kami sudah proper memberitahukan pada bakal calon. Selain itu batas waktu yang diberikan UU selama tiga bulan," ujarnya dalam acara pengumuman hasil penelitian administrasi bakal calon, di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (17/11). 

Baca juga: Senator: Nasib Prajurit TNI/POLRI Ada di Kejaksaan RI

Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro menjelaskan, pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat antara lain pertama ketika mendaftar usianya belum 40 tahun sebagaimana dipersyaratkan. Kedua, beberapa pendaftar yang belum lulus S1 sebagai syarat minimal pendidikan, atau berkas yang tidak lengkap. 

Menurutnya tim seleksi telah membuka ruang seluas-luasnya pada masyarakat untuk mendaftar secara langsung, melalui situs, ataupun mengirimkan berkas melalui pos. Anggota tim seleksi Betty Alisjahbana mengatakan tim seleksi memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada pendaftar untuk memperbaiki atau melengkapi berkas sampai batas waktu terakhir pendaftaran. Dari total 868 pendaftar, terdapat 629 pelamar yang dinyatakan lulus administrasi. (OL-6)

BERITA TERKAIT