26 October 2021, 18:20 WIB

NasDem Ajak Golkar Berkoalisi, Usung Kandidat yang Layak jadi Capres


Putra Ananda | Politik dan Hukum

DALAM membentuk koalisi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 mendatang, Partai NasDem mengingikan koalisi yang dibangun untuk kepentingan bangsa.

Oleh karena itu, NasDem memberikan tawaran kepada Partai Golkar untuk membentuk koalisi lebih awal yang dilanjutkan dengan tahapan konvensi calon presiden (capres) 2024.

"Ayo kita berkoalisi lebih awal, kita buka, kita open, yang kemudian melakukan rekrutmen calon presiden," ungkap Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/10).

Menurut Ali, NasDem tidak ingin dalam koalisi ada monopoli kader-kader parpol untuk menjadi capres. Hal tersebut dapat menutup peluang figur lain yang juga memiliki kompetensi bersaing dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca juga: PAN Imbau Menteri yang aktif Nyapres sebaiknya Mundur

"Kita harus jujur sebagai kader politik melihat di luar partai politik banyak sekali kader-kader bangsa yang punya integritas yang layak untuk kita kedepankan menjadi calon presiden untuk memimpin negeri ini," ungkapnya.

Menurut Ali, kepentingan Golkar untuk mencalonkan langsung Airlangga sebagai capres 2024 tidak sejalan dengan rencana Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menginginkan proses konvensi sebagai bentuk kontestasi terbuka dalam menentukan Capres 2024.

"Kami terbuka berkoalisi dengan siapa saja, kemudian kita bersama-sama mencari calon presidennya," ungkapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT