24 October 2021, 21:10 WIB

Penyusunan Regulasi Butuh Pengawalan Mahasiswa


Ant | Politik dan Hukum

MAHASISWA merupakan bagian dari rakyat yang memiliki tugas mulia dalam pembangunan. Salah satunya, mahasiswa harus turut serta dan berperan aktif dalam penyusunan dan pembahasan rancangan maupun revisi undang-undang. "Sudah saatnya mahasiswa berpartisipasi aktif didalam pengawalan penyusunan UU yang sedang dibahas di DPR. Mahasiswa juga harus aktif memberi gagasan dan opini ke pada DPR," ujar anggota DPR RI Nur Yasin dalam keterangannya, Minggu (24/10).

Menurut dia tugas mulia tersebut harus menjadi bagian perjuangan mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada negeri. Terlebih mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa ke depan. "Hal ini dikarenakan mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan Indonesia yang akan menjalankan UU tersebut," katanya dalam webinar yang di selenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Jember bertajuk Spirit Revivalis Untuk Membangkitkan Peran Mahasiswa Dalam Dunia Legislasi Guna Mewujudkan Bangsa Yang Berkemajuan.

Ia juga mengatakan proses penyusunan UU kerap dihantam intervensi oleh pihak yang berkepentingan. Pada posisi tersebut mahasiswa harus bertindak dengan membebaskan DPR dari segala bentuk tekanan. "Makanya adek-adek mahasiswa harus mempersiapkan mental sebaik mungkin bila ada yang bercita-cita menjadi anggota DPR", ujar politisi PKB itu.

Ia mengatakan mahasiswa juga bisa mendalami dunia parlemen melalui simulasi di struktural badan eksekutif. "Harapannya mahasiswa bisa belajar lebih mendalam tentang dunia parlemen," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT