14 October 2021, 15:29 WIB

DPR Desak Aparat Keamanan Lebih Humanis


Putra Ananda | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta seluruh aparat kepolisian untuk bertindak humanis dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut diungkapkan Dasco saat menanggapi adanya kekerasan yang dilakukan oknum kepolisian dengan sengaja membanting mahasiswa selaku demonstran di Kabupaten Tangerang.

"Kita himbau dan kita harapkan agar aparat yang di seluruh Indonesia juga bersifat humanis," ungkap Sufmi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Mengenai insiden yang terjadi di Tangerang, Sufmi menuturkan bahwa pihak kepolisian yang diwakili oleh Kapolda Banten dan Kapolres setempat telah melakukan permohonan maaf. Kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi yang dimaksud juga telah ditangani oleh bagian Propam Polda Banten.

Baca juga: Polisi: Kerugian Korban PT Jouska Capai Rp6 Miliar

"Kita serahkan saja ke Propam mengenai penegakkan hukumnnya dan mudah-mudahn adik-adik mahasiswa yang kemarin mengalami kejadian tersebut saya dengar alhamdulillah dalam keadaan baik-baik saja. Mudah-mudahan tidak ada luka yang serius dan kita serahkan maslah penegakan hukum ini sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkap Sufmi.

Sufmi juga mendorong agar kedepan aparat kepolisian bisa menerapkan SOP penanganan demonstrasi humanis sesuai dengan arahan surat telegram yang dikirimkan oleh Kapolri. Sufmi berharap kekerasan-kekerasan terhadap pendemo tidak kembali terulang di kemudian hari.

"Sehingga ke depan kita minat kepada jajaran kepolisian untuk kembali menjalankan protap soal penanganan demo sehingga kita harapkan tidak terjadi lagi hal-halk seperti ini," ungkapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT