13 October 2021, 16:48 WIB

Presiden Resmi Lantik Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo melantik jajaran keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara pada Rabu (13/10) ini.

Pelantikan itu didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah BRIN, yang ditetapkan Kepala Negara pada 12 Oktober 2021.

Susunan keanggotaan Dewan Pengarah BRIN meliputi Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua. Kemudian, posisi Wakil Ketua diisi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Baca juga: Riset, Inovasi dan Kearifan Lokal Kunci Mitigasi Bencana

Lalu, ada Sudhamek Agoeng Waspodo Sunyoto yang mengisi posisi sekretaris. Berikut, posisi anggota ditempati oleh Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworn, serta Tri Mumpuni.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan yang diikuti para pejabat yang dilantik.

Baca juga: Megawati Terharu Melihat Patung Bung Karno di Semarang

"Bahwa, saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan. Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," imbuh Kepala Negara.

Menutup rangkaian prosesi pelantikan, Presiden diikuti undangan terbatas memberikan ucapan selamat kepada Dewan Pengarah BRIN yang telah dilantik.(OL-11)

BERITA TERKAIT