12 October 2021, 20:26 WIB

Surya Paloh Mulai Kalkulasi Figur Capres Potensial yang akan Diusung NasDem 


Putra Ananda | Politik dan Hukum

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mulai mengkalkulasi figur-figur calon presiden (capres) potensial yang akan mendapatkan dukungan restu dari NasDem untuk mengikuti Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

NasDem ingin memastikan capres yang diusung memiliki kompetensi sebagai pemimpin bangsa. NasDem tidak akan sembarangan dalam memilih capres. 

"Pastinya kita tidak ingin mengusung calon yang kemudian hanya ikut meramaikan," ujar Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/10). 

Ali menegaskan, dukungan partai kepada capres 2024 merupakan kewengan penuh dari Ketua Umum Surya Paloh. Dalam berbagai diskusi yang diadakan secara internal, selain memiliki kompetensi kepemimpinan bangsa yang baik, NasDem juga akan mempertimbangkan tingkat elektabilitas calon yang akan dijagokan. 

"Dukungan kepada capres sepenuhnya kewenangan ketua umum. Namun dalam beberapa diskusi di DPP, kecenderungan kita akan mendukung capres yang bisa memberikan efek elektoral bagi partai. Cocktal effect jadi pertimbangan," ungkap 

Baca juga : Amendemen UUD 1945 Harus Sesuai Kepentingan Bangsa

Kendati demikian, Ali tak ingin menerka-nerka sosok yang masuk bursa capres NasDem pada Pilpres 2024. Pasalnya, penentuan calon presiden menjadi kewenangan penuh Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh. 

"Saya yakin di kantong Ketua Umum hari ini sudah ada satu, dua, tiga nama capres potensial," sebut dia. 

Surya Paloh diyakini tengah mengkaji calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024. NasDem dipastikan akan memberikan pilihan calon pemimpin berkualitas sekaligus berefek positif kepada partai. 

"Jadi saat ini Ketua Umum sedang mengeker, mencoba melihat siapa siapa figur yang kemudian hari ini didukung oleh NasDem," ujar dia. (OL-7)

BERITA TERKAIT