11 October 2021, 16:58 WIB

Dugaan 8 'Antek' Azis Syamsuddin di KPK, Jubir: Tidak Akan Dilindungi


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) akan bersikap tegas terhadap semua pihak termasuk pegawainya. Prinsip zero tolerance masih berlaku dalam pemberantasan korupsi sehingga tidak akan melindungi pihak yang terbukti membantu dan melakukan rasuah.

"Kami masih terus dalami informasi (delapan orang pegawai KPK yang diduga membantu Azis) dimaksud sehingga menjadi terang dan jelas kebenarannya ataukah hanya sekedar rumor belaka," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada Media Indonesia, Senin (11/10).

Menurut dia, KPK selama ini tidak melindungi pihak mana pun termasuk pegawainya ketika terbukti melanggar hukum. Ketika terungkap pelanggaran etik atau pidana, KPK pasti menyeret pihak yang dimaksud untuk diminta pertanggungjawaban.

Baca juga: Syahrial Benarkan Komunikasi dengan Lili Pintauli Bocorkan Perkara

"KPK pastikan menerapkan zero tolerance kepada siapapun insan KPK yang diduga melanggar etik maupun pidana," paparnya.

Ali pun mengaku akan mendalami informasi mengenai adanya bekingan Azis Syamsuddin. Mantan Wakil Ketua DPR ini diduga memiliki jaringan dengan sedikitnya delapan orang yang berstatus pegawai KPK.

"Tentu (informasi itu akan didalami)," tegasnya.

Ia mengatakan KPK akan mengkonfirmasi informasi tersebut kepada seluruh pihak dalam kasus ini. Alasannya KPK tidak akan menutupi pihak yang melanggar aturan internal, terlebih yang berimplikasi pada pelanggaran hukum.

"Karena KPK serius untuk menindaklanjuti kebenaran informasi dimaksud," pungkasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT