03 October 2021, 23:04 WIB

Warga Diserang Saat Beribadah di Yahukimo


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

KERUSUHAN terjadi di Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Papua, sekira pukul 12.00 WIT, Minggu (3/10). Warga yang tengah beribadah di Gereja GIDI dekai Kab. Yahukimo diserang oleh suku Kimyal.

Massa suku Kimyal juga membakar rumah masyarakat dan  juga hotel Nuri Dekai. Suku Kimyal menyerang warga menggunakan alat tradisional berupa panah hingga parang, serta alat tajam lainnya. 

“Pada saat itu, masyarakat sedang beribadah di dalam Gereja GIDI dan kemudian langsung diserang oleh selempok orang kimiyal," tulis sumber dari petugas kepolisian.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan Polres Yahukimo berhasil mengamankan 52 orang yang diduga sebagai pelaku. Ke 52 orang tersebut kini dalam pemeriksaan intensif Penyidik Polres Yahukimo. Hingga saat ini, kata Ahmad, masyarakat masih mengamankan diri di Mako Polres Yahukimo.

Personil gabungan TNI dan Polri juga masih masih terus melakukan patroli dan penjagaaan di titik - titik berkumpulnya masa untuk mencegah terjadi hal- hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo.

Aksi penyerangan tersebut terjadi terkait berita duka yang di terima oleh masyarakat Suku Kimyal atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT