01 October 2021, 18:37 WIB

Presiden: DPD Harus Tingkatkan Eksistensi Bantu Masyarakat


Andhika prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meningkatkan eksistensinya di dalam kehidupan masyarakat.

Salah satu lembaga tinggi negara itu harus mampu merespons setiap hal yang dibutuhkan dan menjadi keinginan publik. Terlebih, di dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang.

"Situasi extraordinary ini mengharuskan sistem ketatanegaraan kita, sistem pemerintahan kita, bekerja secara responsif dan adaptif dan fleksibel tanpa harus mengesampingkan prinsip-prinsip check and balances dan tata kelola pemerintahan yang baik," ujar Jokowi dalam peringatan hari ulang tahun ke-17 DPD RI, Jumat (1/10).

Kepala negara mendorong DPD RI untuk melakukan terobosan, mengembangkan cara kerja yang inovatif dan ikut mendorong pemerintahan daerah untuk bertransformasi, bekerja dengan cara-cara baru.

Baca juga: Mayoritas Masyarakat Tidak Termakan Isu Kebangkitan PKI

"Harapan masyarakat semakin tinggi. Oleh karena itu DPD harus mampu memberi pelayanan inklusif untuk mempercepat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia," lanjut mantan wali kota Solo itu.

Tiap-tiap perwakilan daerah harus bisa membantu masyarakat membangun wilayah setempat sehingga kehidupan ysng dijalankan menjadi lebih sejahtera.

"Tidak boleh ada yang tertinggal tanpa terkecuali, termasuk daerah terluar sekalipun. Semua memiliki kesetaraan dalam memiliki pelayanan dari negara, mendapat akses pendidikan kesehatan dan juga mendapatkan pekerjaan yang layak," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT