30 September 2021, 12:40 WIB

Bakamla dan Unhan Berkolaborasi Perkuat Keamanan Maritim


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

BADAN Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama dengan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sepakat memperkuat potensi keamanan maritim. Hal ini tercatat dalam salah satu kejadian bersejarah, yaitu ditandatanganinya nota kesepahaman antara Bakamla RI dengan Unhan RI.

Penandatanganan dilakukan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian. Kesepakatan ini mengacu pada nilai luhur untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan potensi kemaritiman nasional.

"Oleh sebab itu, perlu adanya kebijakan dan strategi keamanan nasional yang mampu menjawab setiap ancaman di Indonesia," ucap Laksdya TNI Aan Kurnia dalam keterangannya, Kamis (30/9).

Lebih spesifik lagi, kata Aan, kerja sama tersebut juga mengedepankan pengembangan keamanan maritim yang menjadi domain tugas Bakamla RI sebagai lembaga penegak hukum. Di sisi lain, hal ini juga sejalan dengan misi Unhan RI untuk senantiasa mengembangkan ilmu pertahanan. Unhan secara nyata dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, khususnya dalam konteks kemaritiman.

Tantangan tugas di lingkungan maritim semakin dinamis, terutama bila memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis di kawasan saat ini. Jika tidak segera ditanggapi, tantangan tersebut berpotensi menciptakan instabilitas dan membawa resiko pada keamanan nasional.

“Kebijakan dan strategi yang holistik hanya dapat dihasilkan dari sinergi pihak terkait, khususnya dalam lingkup akademisi dan praktisi yang saling memberi kontribusi secara rekursif," urai Aan.

Aan berharap nota kesepahaman itu dapat menghasilkan kebijakan dan strategi pertahanan yang kuat dan fleksibel dalam lingkup keamanan maritim.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama antara Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI Mardekal Muda TNI Syamsunasir.
(P-2)

BERITA TERKAIT