23 September 2021, 19:33 WIB

Munas NU Tatap Muka Digelar Akhir Pekan Ini


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan menggelar Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar (Munas-Konbes) secara tatap muka di Hotel Grand Sahid, Jakarta, pada 25-26 September mendatang.

Pelaksanaan forum musyawarah tertinggi kedua setelah Muktamar itu akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ketua pelaksana Munas-Konbes NU Juri Ardiantoro mengungkapkan jumlah peserta yang akan mengikuti acara secara langsung sangat terbatas.

"Kami juga tidak mengundang pihak luar baik sebagai peninjau. Biasanya, pada setiap Munas, kami mengundang tamu dari dalam dan luar negeri untuk mengisi forum. Nanti hanya ada Wakil Presiden Maruf Amin. Itu pun karena statusnya sebagai mustasyar PBNU," jelas Juri dalam konferensi pers secara virtual, Kamis.

Baca juga : DPD RI: Kisruh Luhut-Haris Jadi Momentum Bongkar Carut Marut Investasi di Papua

Ketua Dewan Pengarah Munas-Konbes NU 2021 Ahmad Ishomuddin mengungkapkan, secara substansi, dua agenda besar tersebut akan membahas berbagai isu keagamaan yang juga menyangkut kehidupan bangsa.

"Munas-Konbes diharapkan mampu memunculkan keputusan strategis yang bisa menjawab kebutuhan umat serta memberi pandangan bagi keutuhan bangsa," tuturnya.

Salah satu agenda krusial dalam Munas Alim Ulama adalah penetapan tanggal pelaksanaan Muktamar ke-34.

"Ada yang meminta di akhir 2021 tapi tidak sedikit juga yang meminta di 2022. Tentu pendapat-pendapat ini akan diperdebatkan. Ini akan dibawa ke sidang pleno. Dinamika ini tidak untuk konsumsi umum. Kalo sudah diputuskan baru akan kita publikasikan," pungkasnya (OL-2)

 

BERITA TERKAIT