23 September 2021, 17:40 WIB

Kejagung Klarifikasi Pendidikan Jaksa Agung


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

PUSAT Penerangan Hukum Kejaksaan Agung mengklarifikasi latar belakang pendidikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang menjadi pemberitaan di media daring belakangan ini. Menurut Kepala Puspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, pemberitaan tersebut salah dan tidak pernah dikonfirmasi secara resmi.

"Terkait adanya beberapa data Bapak Jaksa Agung yang tersebar di media lainnya, kami pastikan bahwa data tersebut adalah salah dan selama ini tidak pernah dikonfirmasikan secara resmi kepada instansi Kejaksaan Republik Indonesia," ujar Leonard melalui keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Dari dokumen yang tercatat di Biro Kepegawaian Kejaksaan, Leonard menyebut bahwa Burhanuddin telah menjalani pendidikan di tiga universitas. Strata I ditempuh Jaksa Agung di Universitas 17 Agustus, Semarang. Adapun untuk Strata II dan Strata III masing-masing diselesaikan Burhanuddin di Sekolah Tinggi manajemen Labora, Jakarta dan Universitas Satyagama, Jakarta.

Baca juga : Guru Besar IPB Korban Mafia Tanah Kecewa Gagal Demo Jokowi

Menurut Leonard, dokumen dan data tersebut juga digunakan saat Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto mengukuhkan Burhanuddin sebagai Guru Besar Tidak Tetap dalam bidang ilmu Hukum Pidana. Pengukuhan tersebut dilakukan pada Jumat (10/9) lalu dengan orasi ilmiah bertajuk Hukum Berdasarkan Hati Nurani: Sebuah Kebijakan Penegakan Hukum Bersasarkan Keadilan Restoratif.

Menurut Leonard, beberapa pemberitaan yang salah itu dipublikasikan oleh media tribunnews.com dengan judul 'Perbedaan Data Latar Pendidikan Jaksa AgungHarus Dikoreksi' dan netralnews.com berjudul 'Pakar: Latar Belakang Pendidikan Jaksa Agung Perlu Ditelusuri, Jika Palsu Masuk Pidana'. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT