22 September 2021, 20:58 WIB

KPK Bawa Bupati Kolaka Timur dan Kepala BPBD ke Jakarta


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur. Dalam operasi itu KPK mengamankan total enam orang yakni Bupati Andi Merya, Kepala BPBD Kolaka Timur Anzarullah dan empat ajudan bupati.

Keenamnya sudah tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (22/9) malam, sekitar pukul 18.30 dan menjalani pemeriksaan lanjutan.

"Kegiatan tangkap tangan KPK di Kabupaten Kolaka Timur diamankan enam orang di antaranya Bupati, Kepala BPBD, dan para ajudan Bupati Kolaka Timur," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri, Rabu (22/9).

Baca juga: Politik Biaya Tinggi serta Pengawasan Lemah Akibatkan Kepala Daerah Terjerat Korupsi

Tim KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam OTT tersebut. Penangkapan tersebut diduga terkait dana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Namun, detail jumlah uang, konstruksi perkara, serta penetapan tersangka baru akan diumumkan malam ini.

"Dalam kegiatan tangkap tangan dimaksud juga diamankan sejumlah uang tunai sebagai barang bukti," imbuh Ali Fikri.

Andi Merya Nur baru menjabat bupati selama tiga bulan setelah resmi dilantik pada pertengahan Juni lalu. Dia sebelumnya berposisi wakil bupati yang kemudian menggantikan Bupati Samsul Bahri Majid. Samsul meninggal dunia pada Maret 2021. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT