14 September 2021, 19:53 WIB

KPK Usut Pengadaan Tanah SMKN 7 Tangerang Selatan


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut proses pengadaan tanah untuk pembangunan SMK Negeri 7 Tangerang Selatan, Banten. KPK memeriksa dua saksi yakni PNS Pemprov Banten Endang Saprudin dan honorer Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Endang Suherman.

"Saksi dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses dilakukannya pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa (14/9).

KPK saat ini sedang mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2017.

Meski begitu, KPK belum mengumumkan pihak-pihak yang dijadikan tersangka dan detail kasus. Pengumuman tersangka  baru akan dilakukan ketika penahanan sesuai kebijakan pimpinan komisi saat ini. Ali Fikri menyampaikan KPK memberi atensi pada kasus tersebut karena menyangkut dunia pendidikan. Komisi meminta dukungan dan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengawal kasus itu.

Dukungan dan peran serta masyarakat diharapkan KPK untuk mengawal dan mengawasi proses penanganan perkara tersebut sehingga berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan masyarakat.

"Ulah dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini mengakibatkan tidak hanya dugaan kerugian keuangan negara akan tetapi juga kerugian sosial. Dukungan dan peran serta masyarakat sangat kami perlukan untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi proses penanganan perkara dimaksud," ujar Ali Fikri.

Sebelumnya, tim KPK juga sempat menggelar penggeledahan di sejumlah lokasi di Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Banten, dan Bogor. Sejumlah lokasi yang digeledah tersebut merupakan rumah dan kantor dari para pihak yang terkait dengan perkara.

Dari serangkaian penggeledahan, KPK menyita dua unit mobil. Barang-barang elektronik yang berkaitan dengan perkara juga diamankan sebagai barang bukti. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT