13 September 2021, 13:57 WIB

Terduga Teroris MT Bertugas Pencari Dana untuk Jamaah Islamiyah


Hilda Julaika | Politik dan Hukum

DETASEMEN Khusus (Densus 88) Antiteror Polri mengungkapkan salah satu teroris yang  ditangkap dibekasi berinisial S alias MT merupakan anggota bagi kelompok pencari dana jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Saat ini, S sudah resmi diberhentikan dari posisinya sebagai pegawai Kimia Farma pasca ditangkap oleh Densus di wilayah Bekasi pada Jumat (10/9).

"Terduga S alias MT adalah anggota fundraising Perisai pada tahun 2018," kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Senin (13/9).

Untuk diketahui, kelompok Perisai Nusantara Esa adalah sayap organisasi Jamaah Islamiyah yang bergerak dalam bidang advokasi. Dalam organisasi itu, S pernah menjabat sebagai pembina pada tahun 2020. Selain itu, S juga aktif tergabung ke dalam Tholiah Jabodetabek.

Baca juga : Ditangkap Densus 88, Karyawan Kimia Farma Diganjar Skorsing 

Tholiah merupakan sebutan bagi bidang pengamanan orang dan aset milik JI.

"Anggota Tholiah Jabodetabek saat kepemimpinan Hari," ujarnya.

Hingga kini, total ada empat tersangka teroris dari JI yang ditangkap Densus 88 Polri pada pekan lalu. Mereka ditangkap dj kawasan Bekasi dan Petamburan, Jakarta Barat.

Salah satunya, polisi menangkap tersanga berinisial T alias AR. Ia merupakan mantan narapidana teroris pada 2004 silam.

"Dulu juga pernah ditangkap tahun 2004 karena menyembunyikan Ali Gufron alis Muklas tersangka bom malam Natal tahun 2000," kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (10/9). (OL-2)

 

BERITA TERKAIT