13 September 2021, 11:05 WIB

Over Capacity Lapas Menjadi Masalah Serius


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi III DPR RI Eva Yuliana beranggapan masalah over capacity (kelebihan fasilitas) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi persoalan serius dan mendesak untuk diatasi. Dia mengungkapkan, setiap rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan HAM selalu disinggung permasalahan lapas. Menurutnya kelebihan kapasitas di lapas tidak bisa diatasi dengan sekali langkah saja, akan melibatkan para pemangku kepentingan yang berwenang. 

"Masalah klasik over crowded, kelebihan kapasitas tidak bisa diatasi dengan sekali langkah saja, ini menjadi permasalahan yang sangat komplek. Kita akan mencari jalan keluar masalah over kapasitas ini," ungkap Eva dalam siaran televisi nasional, Minggu (12/9/2021). 

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas peristiwa kebakaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang (Lapas Tangerang), Banten. Sampai dengan Sabtu (11/9) jumlah total napi yang meninggal akibat kebakaran tersebut menjadi 45 orang. Politisi dari Fraksi Partai NasDem ini pun turut berbelasungkawa atas kejadian tersebut. "Turut berdukan kepada warga binaan para korban kebakaran Lapas Tenggerang," ujar Eva.

Baca Juga: Ketua DPR Resmi Buka Parlemen Remaja 2021

Insiden kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang pada Rabu 8 September 2021 dini hari lalu, mengungkap fakta bahwa terjadi over kapasitas sampai 400% di Lapas tersebut. Kebakaran tersebut menelan banyak korban jiwa.

Di kesempatan yang berbeda, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan bahwa cara efektif untuk menangani masalah overkapasitas tersebut adalah dengan revisi Undang-Undang Narkotika.

Pasalnya, 50% penghuni Lapas merupakan narapidana narkotika. Eva mengungkapkan rapat khusus masalah lapas akan dibahas setelah ada penjadwalan dari Pimpinan Komisi III, Menkumham dengan Pimpinan DPR RI. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT