12 September 2021, 12:03 WIB

Mahfud MD: Matangkan Pengamanan Pembukaan PON XX


 Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta seluruh pemangku kepentingan di Papua mematangkan segala persiapan pengamanan dalam rangka menyambut pembukaan PON XX Papua.

"Saya minta kepada Pangkogabwilhan III, Pangdam, Kapolda, Danlantamal, Danlanud, supaya terus mematangkan rencana pengamanan pembukaan PON yang akan dihadiri Bapak Presiden," ujar Mahfud MD melalui keterangan resmi, Minggu (12/9).

Berbagai upaya seperti deteksi, kontijensi, dan simulasi keamanan harus terus dilaksanakan.

Ia juga meminta seluruh aparat keamanan untuk menyempurnakan peralatan-peralatan yang diperlukan.

"Bila ada peralatan pendukung yang dibutuhkan, segera laporkan. Pengamanan harus betul-betul dipastikan dengan baik," tegas pria yang pernah menjabat menteri pertahanan di era Presiden Gus Dur itu.

Hal lain yang juga perlu dimantapkan adalah terkait pengamanan bagi para atlet dan kontingen, baik di venue atau lokasi-lokasi pertandingan, di penginapan, termasuk saat para kontingen berinteraksi dengan warga setempat.

Adapun, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta persiapan teknis segera disempurnakan.

"Ikuti standar dan spesifikasi teknis yang telah ditentukan. Ini tidak hanya persoalan keselamatan, tapi juga aspek hukum yang bisa muncul di kemudian hari bila melenceng dari rencana semula," tandasnya.

PON XX Papua akan dibuka pada 2 Oktober dan berlangsung hingga 15 Oktober.

Sebanyak 44 arena bertaraf internasional yang tersebar di empat wilayah yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika akan digunakan.

PON XX mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan total 681 pertandingan. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT