07 September 2021, 14:14 WIB

Zona Integritas Bakamla Diapresiasi KPK


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

PENCANANGAN pembangunan zona integritas merupakan sebuah awal dalam pemantapan komitmen instansi untuk melaksanakan perbaikan di semua lini. Serius akan hal ini, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mencanangkan pembangunan zona integritas Bakamla.

"Pembentukan zona integritas ini langsung dihadiri oleh para saksi atas fenomena sejarah penguatan Reformasi Birokrasi di Bakamla RI. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) Firli Bahuri," kata Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangannya, Selasa (7/9).

Ia mengatakan peluncuran program ini juga disaksikan Pimpinan Ombudsman RI Johanes Widijantoro, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Erwan Agus Purwanto juga Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Ronald Andrea Annas.

Tidak hanya itu, lanjut Wisnu, zona integritas menunjukkan keseriusan dan sinergi kuat di internal Bakamla. Seluruh jajaran Bakamla, Kantor Kamla Zona Maritim, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), Stasiun Bumi (SB), Pangkalan Armada, dan Kapal Negara (KN), turut menjadi saksi aksi perdana dari pembangunan zona integritas di Bakamla RI.

Baca juga : Ketua KPK Soroti Kepatuhan LHKPN DPR yang Cuma 58%

"Pada dasarnya, kegiatan pembangunan zona integritas memiliki lima tahapan penting yang harus dilalui. Tahapan-tahapan tersebut antara lain pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian dan penetapan zona integritas," urainya.

Performa baik Bakamla RI dalam sisi Laporan Keuangan di tahun 2020, harus dipertahankan dengan komitmen di seluruh jajarannya. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan terbentuknya Wilayan Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi, dan peningkatan kualitas Pelayanan Publik.

Capaian tersebut dibuktikan dengan ditandatanganinya komitmen bersama pencanangan pembangunan zona integritas Bakamla RI. Penandatanganan diawali oleh Laksdya TNI Aan Kurnia, dan secara simbolis diikuti oleh Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan dan Inspektur Bakamla RI Laksma Bakamla Mulyono. "Nantinya, komitmen ini ditandatangani oleh seluruh pejabat eselon I dan II Bakamla RI, dan seluruh pejabat yang terkait dengan pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT