04 September 2021, 15:26 WIB

Relawan Dukung Penolakan Jokowi atas Perpanjangan Masa Jabatan Presiden


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

PENOLAKAN Presiden Joko Widodo atas wacana penambahan durasi jabatan 2 tahun ditanggapi positif relawan Jokowi. Ketua relawan Jokowi Mania, Imanuel Ebenezer mengaku siap mengawal keputusan Jokowi.

"Kita tegak lurus dong. Ini kan perintah. Kita kawal penuh keputusan itu," kata Noel sapaan akrabnya melalui pesan singkat, Sabtu (4/9).

Noel mengakui pernyataan terbuka Jokowi akan membuat debat kontroversi dukungan dan penolakan otomatis berhenti. Di sisi lain, sambung dia, pernyataan tersebut membuat kontruksi opini Jokowi sebagai pengawal demokrasi terbangun secara alamiah. "Jokowi menunjukkan dirinya sebagai seorang demokrat yang pro demokrasi. Meski sebenarnya ada banyak problem di era pandemik, dia tetap konsisten menjalankan perintah konstitusi," tandas aktivis 98 ini.

Noel mengaku sudah mendengar kabar Jokowi masih menolak rencana penambahan ataupun perpanjangan masa jabatan presiden.
"Soal amendemen periodisasi presiden, beliau (Jokowi) sudah  mengeluarkan pernyataan untuk penolakan. Begitu juga tidak pernah berpikir tambah 2 tahun  lagi, Jadi saya tegak lurus," kata Noel.

Dia beserta sejumlah tokoh relawan lainnya akan menyampaikan pernyataan Presiden ke seluruh Jokowi Mania. Mereka akan giat mengampanyekan penolakan itu ke arus bawah. 

Wacana amendemen konstitusi ini sebenarnya bukan hal baru. Sejak MPR periode 2009-2014, amendemen ini menjadi rekomendasi MPR yang diteruskan kepada MPR periode selanjutnya. Hampir satu dekade wacana ini mengendap. Namun, justru di masa pandemi, wacana itu kembali mengemuka.  (OL-8)

BERITA TERKAIT