26 August 2021, 16:09 WIB

PAN Klaim Punya Hubungan Baik dengan Jokowi


Putra Ananda | Politik dan Hukum

PARTAI Amanat Nasional (PAN) mengapresiasi pernyataan sejumlah partai politik (parpol) yang menilai PAN sudah bergabung dengan koalisi pemerintah.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, tanggapan dari sejumlah parpol koalisi pemerintah keapda PAN mencerminkan hubungan baik yang tercipta antara PAN dan partai koalisi pemerintah.

"Tentu kami sungguh berterimakasih kepada para partai yang telah merenspons itu (bergabungnya PAN) dengan baik," ujar Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/8).

Yandri sendiri menjelaskan bahwa pada prinsipnya PAN siap untuk bergabung ke dalam koalisi. Terlebih selama ini PAN selalu mendukung kebijakan-kebijakan dari pemerintah.

Namun kendati demikian, Yandri menyebut pihaknya masih menunggu pernyataan resmi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait status PAN di dalam koalisi.

"Ya kita tunggu pernyataan dari Pak Jokowi langsung sebagai pimpinan koalisi pemerintahan," ungkapnya.

Pasalnya, Yandri menyebut pertemuan antara PAN dan Jokowi bersama dengan partai-partai koalisi lainnya yang berlangsung pada Rabu (26/8) kemarin sama sekali tidak membahas tentang koalisi. Presiden lebih banyak membahas tentang program-program penanganan pandemi Covid-19.

"Pak Jokowi pidato tentang program apa yang sudah dilaksanakan selama pandemi, termasuk program-program lain, termasuk ada semacam perubahan UU misalnya pemerintah daerah, setelah itu ketua umum merespons," ungkapnya.

Soal kader di daerah, Yandri memastikan bahwa mesin partai PAN tetap solid mendukung langkah politik yang diambil oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan.

Sejauh ini kader PAN merespons cukup baik kehadiran Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno dalam pertemuan dengan Jokowi.

"Jadi kader prinsipnya mendukung semua apa yang dilakukan ketua umum kemarin," katanya. (Uta/OL-09)

BERITA TERKAIT