25 August 2021, 22:39 WIB

NasDem Tegaskan Pertemuan Presiden dan Partai Koalisi tak Bahas Amandemen UUD 1945


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

TIDAK ada pembahasan terkait amandemen UUD 1945 dalam pertemuan terbatas antara Presiden Joko Widodo dan tujuh partai koalisi pemerintahan. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G. Plate yang turut ambil bagian dalam rapat tersebut.

"Tadi kita membicarakan lima topik, perkembangan penanganan pandemi, pertumbuhan ekonomi, strategi bisnis nasional, evaluasi ketatanegaraan otonomi daerah dan pemindahan ibu kota negara. Tidak dibicarakan terkait UUD 1945," ujar Johnny di kediamannya, Jakarta, Rabu (25/8).

Baca juga : Pembicaraan Jokowi dan Ketum Parpol, dari Covid-19 hingga Ibu Kota Baru

Ia mengatakan seluruh peserta rapat memang membahas evaluasi ketatanegaraan, namun bukan pada struktur undang-undang dasar melainkan pada aturan-aturan terkait pemisahan kewenangan penyelenggara pemerintahan yaitu pemerintah pusat dan daerah.

"Yang menjadi poin adalah karena ada problematika di dalam pengambilan keputusan. Sistem otonomi daerah yang sekarang tidak mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu perlu adanya evalusi supaya jangan sampai menghambat proses penyelesaian masalah-masalah di situasi darurat," jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT