16 August 2021, 19:36 WIB

Polri Sebut Syam Organizer Kerap Menggaungkan Isu Palestina-Suriah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

POLRI menyatakan bahwa LSM kemanusiaan Syam Organizer kerap membawa isu Palestina dan Suriah. Tujuannya, menggalang dana untuk aksi terorisme.

Adapun Densus 88 Polri telah menggeledah kantor Syam Organizer di Jawa Barat pada Minggu (15/8) sekitar pukul 10.00 WIB. Pembentukan LSM Syam Organizer diduga untuk membiayai kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan aksi LSM mengumpulkan dana dengan cara menyebarkan celengan. Berikut, menaruh kotak amal di sejumlah wilayah.

Baca juga: Densus 88 Sita Ribuan Kotak Amal untuk Dana Terorisme​​​​​​

"Mengedarkan celengan-celengan amal ke masyarakat dan mengedarkan kotak-kotak amal ke masyarakat," papar Ahmad, Senin (16/8).

Di samping itu, lanjut dia, Syam Organizer kerap membawa isu Palestina dan Suriah untuk menarik simpati masyarakat. Seperti, mengirim air bersih ke Palestina hingga membangun rumah di Suriah.

Motif tersebut bertujuan menghindari kecurigaan aparat. Sehingga, para oknum bisa menggalang dana dengan leluasa. "Bentuk penggalangan dana Syam Organizer, seperti 'water for some' dengan cara dropping air bersih ke Palestina dan memiliki tiga sumur air di Suriah," terang Ahmad.

Kemudian, 'save children out some' di Suriah dan Palestina. Lalu, 'winter aid project', yakni memberikan kayu bakar, jaket dan membangun rumah di Suriah.

Baca juga: Densus 88 Ciduk Ketua Syam Organizer Jabar Berafiliasi JI

Lalu, ada juga Qurban Peduli Syam, Ramadhan Peduli Syam, Syam Bread Factory, emergency release dan terakhir Syam Productive Assistance. Pihak Syam Organizer juga menyelenggarakan tabligh akbar dengan berkoordinasi dengan takbir masjid dan mengundang ustaz.

"Melakukan penggalangan dana, baik langsung kepada jamaah yang hadir, maupun dengan menyebarkan nomor rekening Syam Organizer ke jamaah," ungkapnya.

Adapun aliran dana Syam Organizer ke organisasi terorisme JI seperti pada 2013-2017. Bahkan, Syam Organizer memberangkatkan anggota ke Suriah, termasuk pelaku berinisial F yang telah ditangkap.(OL-11)

BERITA TERKAIT