12 August 2021, 13:35 WIB

Kemlu Sesalkan Kekerasan antara Diplomat Nigeria dan Petugas Imigrasi


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

KEMENTERIAN Luar Negeri RI sesalkan insiden kekerasan yang terjadi antara diplomat Nigeria dengan petugas imigrasi RI pada 7 Agustus 2021.

"Kementerian Luar Negeri menyesalkan terjadinya peristiwa tanggal 7 Agustus tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah  dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (12/8).

Ia mengutarakan bahwa pada pukul 10.00 hari ini, kantor imigrasi Jakarta Selatan telah menyampaikan secara lengkap kronologis peristiwa yang melibatkan salah satu diplomat Nigeria di Jakarta tersebut.

"Saya ingin menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi melalui jalur diplomatik dengan pemerintah Nigeria paska kejadian tersebut," terangnya.

Ditambahkannya, Duta Besar Indonesia di Abuja telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama pada 10 Agustus 2021.

Sementara itu, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Indonesia Andy Rachmianto juga telah bertemu dengan Duta Besar Nigeria di Indonesia pada 11 Agustus 2021.

Baca juga : Tiga Jenderal Diterjunkan Buru Teroris Ali Kalora

"Dalam pertemuan 11 Agustus tersebut, kami membahas hubungan baik antara Indonesia dan Nigeria yang telah terjalin sampai saat ini," ucap Faizasyah.

"Insiden tersebut adalah insiden yang berdiri sendiri dan sama sekali tidak terkait dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam menjalankan kewajiban sebagai tuan rumah sesuai dengan Konvensi Wina mengenai hubungan diplomatik," tuturnya.

Kementerian Hukum dan HAM, tambahnya, juga telah melakukan investigasi internal sebagai tindak lanjut atas terjadinya insiden tersebut.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta Ibnu Chuldun telah mengklarifikasi video viral tudingan kekerasan yang dilakukan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang diplomat Nigeria..

Dikatakan Ibnu, diplomat asal Nigeria tersebut yang bertindak arogan dan melakukan pemukulan terhadap petugas imigrasi. Diplomat tersebut, tambahnya, bersikap tidak kooperatif dengan menghardik petugas yang melakukan pemeriksaan dokumen. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT