08 August 2021, 23:30 WIB

Warganet Kecam Rachland Nashidik karena Meme Hina Burung Garuda, Pancasila dan Indonesia Raya


Rudy P | Politik dan Hukum

CUITAN politisi Partai Demokrat Rachland Nashidik berbuah kecaman dari netizen di jagat Twitter. Pasalnya, cicitan Rachlan dianggap menghina Pancasila, Burung Garuda dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Rachlan melalui akun Twitter @RachlanNashidik mengunggah sebuah meme bergambar Presiden Joko Widodo yang tengah tersenyum pada Sabtu (7/8) pukul 17.18 . Pada kening Jokowi terpampang lambang Garuda yang tengah tertancap tombak kayu. Selain itu, wajah Jokowi juga dipenuhi tempelan yang tertulis: utang luar negeri 6000T, ratusan ribu ha hutan rusak, hingga impor bahan pangan.

Sebuah akun @murthadaone1 menimpali cicitan Rachlan tersebut. "Kualitas politisi @PDemokrat serendah ini. mengolok-olok lagu kebangsaan Indonesia Rayad dan lambang negara. Pidana ini @CCICPolri @DivHumas_Polri," tulisnya.

Adapun akun @Anggita_lung menyayangkan meme tersebut karena menghina lambang negara. "Siapapun anda yang membuat foto pelecehan seperti ini Anda biad*b. Sehinahina nya binatang, jauh lebih hina yang membuat foto seperti e. Kami tidak rela lambang negara dijadikan bahan ejekan," tulisnya.

Kecaman senada juga dilontarkan akun @Wagimandeep212_.

Rachlan sempat menepis tudingan warganet tersebut dan menyebut meme tersebut sebagai kritik.

Jika melongok ke konteks, cicitan Rachland berawal dari kala ia mengunggah foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdiri di samping lukisannya. Pada cicitannya Rachlan menulis,"Sambil menjalankan PPKM, Pak SBY memilih memilih melatih bakat melukisnya di studio beliau di Cikeas. Ini lukisan terbaru. Pantai Pacitan. Biru di langit, biru di laut bersatu dalam jiwa, memberi teduh dan mencipta ketenangan. Indahnya negeri tanpa merah amarah dan amukan wabah," tulis Rachland.

Akun @Gunawan94592770 lantas mengontari foto tersebut. "Kapan lukis candi hambalang." Komentar akun tersebut lantas dibalas Rachland dengan meme Jokowi yang berujung hujatan dan kecaman netizen kepadanya.

Seusai dibanjiri hujatan dan kecaman netizen, akun Rachland kini sudah dikunci dan berganti nama menjadi @LeonardoCollin_ (OL-8)

 

BERITA TERKAIT