07 August 2021, 14:33 WIB

NasDem Apresiasi Sikap Terbuka Presiden Jokowi


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KETERBUKAAN Presiden Joko Widodo dalam menerima aspirasi dan keluh kesah masyarakat dinilai sangat terpuji. Termasuk, saat Kepala Negara menerima Togu Simorangkir, yang melakukan aksi jalan kaki dari Danau Toba ke Istana Merdeka.

"Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapak Presiden yang tetap peka mendengar aspirasi orang kecil, yang berjuang demi kebaikan negeri ini," ujar Wakil Sekjen DPP NasDem Hermawi Taslim dalam keterangannya, Sabtu (7/8).

Adapun Togu Simorangkir, warga Sumatera Utara, berjalan kaki selama 44 hari dari kawasan Danau Toba ke Istana Negara, Jakarta. Dirinya memulai perjalanan dari makam kakeknya yang berstatus sebagak pahlawan nasional, yakni Sisingamangaraja XII.

Baca juga: Jalan Kaki dari Danau Toba ke Istana, Togu Simorangkir Diterima Presiden

Gerakan Togu bertujuan memprotes pencemaran lingkungan yang diduga menyeret PT Toba Pulp Lestari (TPL) di kawasan Danau Toba. Setiba di Jakarta, Togi mendapat dukungan moril dari aktivis pergerakan mahasiswa. Seperti, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Seusai diterima Presiden di Istana Negara, Togu menegaskan bahwa tujuan aksinya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Berikut, upaya untuk memajukan kesejahteraan generasi yang akan datang.

Baca juga: Moeldoko Yakin 137 Konflik Agraria Rampung pada Tahun Ini

Kepala Negara menjelaskan kepada Togu bahwa pihaknya tengah menyelesaikan kasus hutan adat di kawasan Danau Toba. "Yang 5 sudah selesai, nanti bisa dibawa pulang fotocopy-nya. Tinggal 15 lagi, mudah-mudahan bulan ini selesai semuanya," jelas Jokowi, sapaan akrabnya.

Hermawi yang juga Ketua Forum Komunikasi Alumni PMKRI menekankan pentingnya pendekatan persuasif yang dialogis. Terutama, dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat. "Saya berharap pejabat lain di negeri ini bisa meneladani pendekatan yang dicontohkan Presiden," lanjut Hermawi.(OL-11)
 


BERITA TERKAIT