05 August 2021, 06:37 WIB

KPK Minta Masyarakat Mengadu Jika Melihat Penyimpangan Penyaluran Bansos


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat memantau penyaluran bantuan sosial (bansos) di wilayah masing-masing. Lembaga Antikorupsi itu meminta masyarakat mengadu jika melihat penyimpangan dalam penyaluran bansos di wilayahnya.

"Sebagai bentuk pengawasan, KPK mengimbau masyarakat menyampaikan laporan atau keluhan jika terjadi penyimpangan dalam penyaluran bansos melalui jaringan pencegahan KPK atau dikenal dengan JAGA," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu (4/8).

Ipi mengatakan aplikasi JAGA milik KPK bisa diunduh di gawai masing-masing. Masyarakat juga bisa mengadukan penyimpangan bansos dengan mengakses situs Jaga.id.

Baca juga: Polri Periksa Kapolda Sumsel Soal Dana Hibah Bodong Rp2 T

Lembaga Antikorupsi itu berharap masyarakat aktif melapor jika melihat kejanggalan. KPK butuh 'mata' masyarakat untuk memastikan kinerja penyelenggara negara sesuai dengan koridornya.

Lembaga Antikorupsi itu juga menjamin akan menindaklanjuti semua laporan yang masuk ke JAGA. Jika bukan ranah KPK, laporan bakal disalurkan ke kepala daerah terkait.

"Selain memfasilitasi keluhan, JAGA Bansos juga memberikan literasi sebagai edukasi untuk masyarakat," pungkas Ipi. (OL-1)

BERITA TERKAIT