01 August 2021, 12:50 WIB

Polisi Selidiki Aksi Peretas Terhadap Situs Sekretariat Kabinet


Rahmatul Fajri |

POLRI menyelidiki adanya peretasan terhadap situs Sekretariat Kabinet. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan kepolisian masih menyelidiki untuk memastikan pelaku peretasan tersebut.

"Ya, dalam penyelidikan," kata Argo, melalui pesan singkat, Minggu (1/8).

Sebelumnya, diketahui Setkab.go.id diretas dengan mengubah tampilan web oleh hacker berinisial Zyy Ft Lutfifake Padang Blackhat.

Laman yang berisikan informasi kegiatan Presiden Joko Widodo dan Kabinet Indonesia Maju hanya menampilkan foto demonstran yang tengah memegang Bendera Merah Putih saat aksi demonstrasi di Gedung Parlemen pada 2019.

Selain menunjukkan gambar, peretas juga menyampaikan narasi terkait kondisi di Tanah Air.

"Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apa pun yang membuat rakyat Indonesia merasa stres dan depresi. Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan di negara ini. Pancasila," tulis peretas tersebut.

Setelah beberapa jam diretas, laman Sekretariat Kabinet (Setkab) masih belum bisa diakses. Kepala Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono membenarkan situs telah diretas.

Ia mengatakan saat ini perbaikan tengah dilakukan. "Iya tadi di-hack orang," kata Heru kepada wartawan, Sabtu (31/7). (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT