30 July 2021, 08:54 WIB

Aparat Diminta Beri Efek Jera Pelaku Pembunuhan Ketua MUI Labura


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

POLDA Sumatra Utara (Sumut) telah menangkap dan mengamankan pelaku pembunuhan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu Utara (Labura) Aminurrasyid Aruan, A alias AK. Tidak cukup di situ, kepolisian harus memastikan dapat memberi efek jera kepada pelaku.

“Saya mengapresiasi kerja dan gerak cepat Kapolda Sumut yang telah menangkap dan mengamankan pelaku pembunuhan Ketua MUI Labura. Saya percaya aparat kepolisian akan segera mengusut tuntas perkara, melakukan penegakan hukum yang seadil-adilnya dan memberikan efek jera terhadap pelaku,” kata Anggota DPR RI dari Fraksi PKB MF Nurhuda Y dalam keterangannya, Jumat (30/7).

Menurut Nurhuda yang juga salah satu anggota Komisi VIII, peran ulama dan tokoh agama sangat penting. Di tengah situasi pandemi covid-19, para ulama dan tokoh agama adalah jembatan utama antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyampaikan kebijakan penanganan pandemi.

“Ulama adalah para pewaris para nabi. Para ulama tidak dapat menggantikan para nabi, tetapi mereka berperan untuk berdakwah di jalan Allah SWT dan mengajarkan agamanya seperti para nabi. Ini menjadi peringatan tentang perlunya menghormati ulama dan merujuk pada mereka terkait berbagai perkara dan urusan ibadah,” lanjutnya.

Baca juga: Dasco Berharap MUI Dapat Berperan Mengedukasi Umat Hadapi Pandemi

Sebagaimana diketahui, Aminurrasyid Aruan dibacok oleh pelaku berinisial A alias AK alias AD. Korban meninggal setelah mengalami luka bacok di bagian kepala, badan dan tangan. Kejadian pembunuhan tersebut berlangsung pada Selasa sekitar pukul 17.30 WIB.

Muncul beberapa spekulasi terkait motif pembunuhan antara lain pelaku tersinggung karena sering ditegur lantaran jarang kenduri. Selain itu polisi menduga pelaku juga sakit hati karena dinasehati agar tidak mencuri sawit milik korban.

Aminurrasyid Aruan ditemukan tewas dan mengalami luka parah di bagian kepala, badan dan pergelangan tangannya.

“Saya turut bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Aminurrasyid Aruan, Ketua MUI Labuhanbatu Utara (Labura). Semoga semua amal kebaikannya diterima disisi-Nya. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kesabaran dan ketabahan. Amin YRA,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT