20 July 2021, 06:49 WIB

Iduladha, KPK Persilakan Tahanan Silaturahmi Secara Daring


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

PELAKSANA tugas (Plt) juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bidang penindakan Ali Fikri menyebut pihaknya mempersilakan para tahanan untuk bersilaturahmi dengan keluarganya saat hari raya Iduladha secara daring.

"Kunjungan keluarga tahanan dilaksanakan secara daring atau online," kata Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (20/7).

Ali mengatakan kebijakan itu diambil karena Jakarta sedang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Lembaga Antikorupsi tidak mau ambil risiko penyebaran covid-19 di rumah tahanan (rutan) jika tahanan diperbolehkan dikunjungi keluarganya secara fisik.

Baca juga: KPK Rampungkan Penyidikan RJ Lino

KPK juga sudah menyiapkan gawai untuk kunjungan daring tersebut. Kunjungan daring para tahanan dilakukan mulai jam 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

KPK juga melarang para tahanannya untuk berkerumun. Ibadah salat Iduladha pun dilakukan di sel masing-masing. Kegiatan makan bersama setelah salat Iduladha dilarang.

"KPK tidak memfasilitasi kegiatan makan bersama di ruang tatap muka, namun dipersilakan dilakukan di dalam hunian sel tahanan masing-masing," tutur Ali.(OL-5)

BERITA TERKAIT