26 June 2021, 18:15 WIB

Juli, Baleg DPR Evaluasi Prolegnas 2021


Sri Utami | Politik dan Hukum

BADAN Legislasi (Baleg) DPR RI akan menggelar evaluasi Prolegnas 2021. Rencananya, rapat tersebut digelar pada Juli mendatang dan membahas beberapa aturan, termasuk revisi UU ITE.

Hal itu diutarakan Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas. "Bulan depan rencana evaluasi," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (26/6).

Awalnya, evaluasi Prolegnas 2021 direncanakan pada Juni ini, namun dibutuhkan kesepakatan anggota Baleg secara utuh agar rapat bisa terlaksana. 

Baca juga: Ini Alasan Presiden belum Kirim Surpres RUU IKN

DPR sempat menjadwalkan evaluasi Prolegnas 2021 pada masa sidang selanjutnya. Dalam masa sidang itu, kemungkinan besar digelar evaluasi Prolegnas 2021, yang sebelumnya telah dijadwalkan pada Juni. 

"Bisa masuk, karena memang itu yang dibutuhkan masyarakat sekarang. Tapi kemungkinan pada masa sidang selanjutnya," jelas Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Baleg Buka Opsi Pembahasan Revisi UU ITE dalam Prolegnas 2021

Mekanisme evaluasi Prolegnas tengah tahun juga tersedia. Sehingga, jika pemerintah memajukan revisi terbatas UU ITE, sangat terbuka untuk aturan tersebut segera dibahas. 

Setelah beberapa bulan dikaji, pemerintah mengajukan revisi terbatas UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Revisi dilakukan terhadap sejumlah pasal yang dinilai multitafsir dan berpotensi mengkriminalisasi masyarakat.(OL-11)
 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT