21 June 2021, 18:30 WIB

Ini Instruksi Wapres ke Para Menteri Terkait Papua


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa situasi politik dan keamanan di Papua tidak boleh mengganggu pembangunan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ma'ruf pun, beberapa pekan lalu, telah memanggil Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD guna memastikan bahwa pembangunan di Bumi Cendrawasih harus terus berjalan.

"Penanganan keamanan dan politik di Papua itu satu soal tersendiri dan pembangunan kesejahteraan itu urusan lain. Jangan sampai pembangunan terhambat oleh persoalan politik dan keamanan. Itu prinsipnya," ujar juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi di kantornya, Jakarta, Senin (21/6).

Enam bulan lalu, Wapres diberi tanggung jawab oleh Presiden Joko Widodo untuk mengkoordinasikan langkah-langkah percepatan pembangunan kesejahteraan di provinsi paling timur Indonesia. Sejak saat itu, Ma'ruf pun rajin memanggil menteri-menteri terkait untuk membahas isu tersebut.

"Seperti hari ini, wapres memanggil Menteri Bappenas (Suharso Monoarfa) untuk melakukan koordinasi terkait masalah pembangunan kesejahteraan Papua," tutur Masduki.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Ma'ruf juga telah memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membahas terkait perihal pembiayaan. Setelah menerima penjelasan dari sejumlah menteri, Wapres akan memberikan laporan kepada Presiden dalam rapat terbatas yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan pekan depan atau awal Juli. Setelah itu, wapres akan berkunjung ke Papua untuk silaturahim dengan saudara-saudara kita di sana dan segera bisa membangun dan menyejahtrakan mereka," tandas Masduki. (P-2)

Pra

BERITA TERKAIT