15 June 2021, 20:12 WIB

Ini Hasil Pembicaraan Presiden dengan Anies


Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Istana tadi pagi guna membahas perkembangan covid-19 di Ibu Kota. Salah satu hal yang dibahas adalah mengendurnya kedisiplinan warga dalam melakukan protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

"Presiden minta penggunaan masker di DKI Jakarta ditingkatkan lagi persentasenya. Karena menurut Bapak Presiden penggunaan masker ini sudah selamatkan 98%. Masker ini membantu kita terbebas dari penyebaran virus corona," kata Ariza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/6).

Selain itu, Presiden juga meminta adanya penegakan protokol kesehatan lainnya seperti meningkatkan penjagaan dan pengetatan.

Baca juga : Komnas HAM Pertanyakan Pemerintah Hanya Revisi 4 Pasal UU ITE

Ketiga, Presiden mengingatkan lagi agar Jakarta bisa meningkatkan pencapaian target vaksinasi covid-19 hingga terciptanya 'herd immunity' pada Agustus mendatang.

"Tadi Pak Gubernur langsung memimpin rapat bersama Forkopimda setelah dari Istana. Kita langsung menindaklanjuti dalam rencana aksi dan segera kita laksanakan mulai tadi rapat dan besok. Insya Allah 3 pesan itu yang penting. Jadi implementasi di lapangan dikuatkan, kedua tadi program vaksinasi, ketiga program 3M atau penggunaan masker ditingkatkan lagi," paparnya.

Sementara itu, beberapa kebijakan terkait PPKM tidak ada yang berubah seperti live music masih diperbolehkan dengan pengawasan yang ketat serta uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap 2.

"Kan belum selesai uji cobanya. Jadi sebelum itu kita selesaikan uji coba tahap dua ini nanti kita akan evaluasi. Nanti kita akan cari gimana solusinya," tegasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT