11 June 2021, 16:25 WIB

NasDem Matangkan Konvensi Capres, Jaring Kandidat Terbaik


Sri Utami | Politik dan Hukum

PARTAI Nasdem meyakini dan konsisten menyiapkan secara matang proses untuk melakukan koalisi partai dan konvensi.  Apalagi dalam menjaring para calon pemimpin yang akan maju dalam Pilpres 2024. Sehingga ramainya informasi Nasdem telah mengantongi nama yang akan didukung pada 2024 merupakan penilaian yang terlalu dini.

"Sekarang ramai penujukan nama. Itu terlalu dini karena kami betul-betul menyiapkan secara matang prosesnya. Kami tidak mau membangun koalisi dan konvensi imajinatif atau mereka-reka. Kami ada tim pakar yang saat ini sedang bekerja," jelas Sekjen Nasdem Johnny G Plate.

Johnny yang dihubungi, Jumat (11/6) mengatakan tim pakar sedang memersiapkan koalisi dan konvensi yang solid yang kemudian dapat menghasilkan koalisi yang sepemikiran. Koalisi yang diinginkan Nasdem tidak sekadar koalisi tapi harus bersama memikirkan keberlanjutan dari capaian dan fokus yang sudah dan sedang dilakukan pemerintah saat ini.

"Kami inginkan koalisi yang solid, yang sepemikiran, dan juga menjaga kontinuitas dari capaian dan fokus pemerintah sekarang. Semua sedang dijajaki," kata Johnny.

Baca juga: Duet Prabowo-Puan Dinilai masih Mungkin Diwujudkan

Dia menekankan proses prakoalisi sangat diutamakan termasuk dalam menentukan calon yang digelar dalam konvensi. Hal tersebut lanjutnya tidak bisa dijalankan secara tergesa-gesa

"Yang penting itu adalah prosesnya. Kami tidak akan mengulangi konvensi sebelumnya," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim menyambut baik antusiasme publik sudah tampak berwacana tentang siapa kelak yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang tentu menggembirakan adalah meskipun pilpres masih relatif lama, publik sudah begitu antusias untuk berwacana tentang siapa kelak yang layak menggantikan Jokowi," kata Wakil Sekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6).

Menyikapi hali itu, ungkap Taslim, Partai NasDem berencana menyelenggarakan konvensi untuk memilih calon presiden (capres) pada tahun 2022 mendatang.

"Pilpres adalah ajang untuk mencari dan memilih figur yang akan menjadi nahkoda Republik ini. Jadi, dia harus yang terbaik buat masa depan bangsa. Dan, untuk menemukan figur yang demikian, maka NasDem telah berketetapan hati akan melakukan penjaringan dalam sebuah perhelatan konvensi," ujar Taslim. (Uta/OL-4)

BERITA TERKAIT