09 June 2021, 08:36 WIB

Kejagung Tangkap Tersangka Kasus Korupsi di Sidoarjo


RO/Micom | Politik dan Hukum

KEJAKSAAN  Agung menagkap Direktur Utama PT Hasta Mulya Putra berinisial ERO, 49, Selasa (8/6) dini hari. Dia ditangkap atas kasus dugaan pemberian fasilitas pembiayaan PT Bank Syariah Mandiri Cabang Sidoarjo kepada Debitur PT Hasta Mulya Putra di Solo, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Penerangan Hukum  Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, ERO ditangkap di sebuah hotel di Solo.

"Diduga tersangka berusaha melarikan diri," kata Leonard dalam keterangan tertulisnya.

ERO Seyogyanya hadir pada Senin (7/6), dalam pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Namun tersangka tidak hadir tanpa alasan dan keterangan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tim Jaksa kemudian memantau di beberapa lokasi termasuk rumah tersangka. Namun, tersangka tidak berada di kediamannya di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Pada Selasa (8/6), pukul 05.00 WIB, tim jaksa penyidik melakukan pemantauan di sekitar Kota Solo karena diduga tersangka ERO berusaha melarikan diri.

Saat memantau di sekitar Jalan Slamet Riyadi, tim menemukan mobil tersangka berada di Hotel Aston Solo, dan berhasil menangkap tersangka pada saat hendak meninggalkan hotel (check out) pukul 06.00 WIB.

Saat ini tersangka sudah dibawa ke Kejaksaan Negeri Surakarta untuk diperiksa kesehatan dan diinterogasi mengenai alasan ketidakhadirannya dalam pemeriksaan. Kemudian tersangka ERO dititip di Rumah Tahanan Polres Surakarta.

"Tim jaksa penyidik segera memberkaskan perkara tersebut untuk diserahkan kepada jaksa penuntut umum," kata Leonard. (J-1)

BERITA TERKAIT