07 June 2021, 20:53 WIB

Surya Paloh: Parpol Harus Jadi Teladan


Marselina Tumundo | Politik dan Hukum

PARTAI NasDem Jawa Timur telah resmi menutup rangkaian rapat koordinasi wilayah atau Rakorwil, yang merupakan agenda konsolidasi partai jelang Pemilu 2024. Pembukaan Rakorwil pada Sabtu (5/6) lalu turut dihadiri oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara daring.

Surya Paloh menegaskan, di kala menyongsong tahun politik, partai-partai politik dituntut untuk mampu menjadi teladan bagi masyarakat. Hal itu untuk menumbuhkan kepercayaan publik terhadap institusi parpol yang mendapatkan mandat masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Saya berulang kali menyatakan pada partai ini bahwa kita harus melahirkan terus menerus, di mana saja dan kepada siapa saja, keteladanan sebagai sumbangsih kita yang merepresentasikan diri kita sebagai kader partai NasDem. Karakter, watak, perbuatan, ucapan, niat baik," tegas Surya Paloh melalui sambungan virtual, di hadapan kader Partai NasDem se-Jawa Timur.

Pemilu serentak 2024 mendatang akan mencakup pemilihan presiden, legislatif, hingga kepala daerah. Surya Paloh pun menyebut tahun 2024 merupakan momentum bagi Partai NasDem untuk merebut posisi sebagai partai yang membawa misi restorasi bangsa. 

"Seluruh upaya yang kita lakukan berdasarkan harapan dan cita-cita untuk merebut momentum Pemilu 2024 yang akan datang agar bisa memosisikan partai kita ini, partai yang membawa misi gerakan perubahan restorasi bangsa, ke arah yang lebih kokoh, eksistensinya lebih kuat, lebih diakui, dan lebih diapresiasi oleh seluruh pihak dan komponen bangsa ini," terang Surya.

Konsolidasi internal dan penguatan struktur pada akhirnya menjadi faktor penting bagi Partai NasDem untuk mencapai target-target pemenangan. Dalam setiap Rakorwil, DPP Partai NasDem memastikan struktur dan keanggotaan partai akan terdata mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan. Penyusunan keanggotaan ini ditargetkan rampung sebelum memasuki tahapan verifikasi pada tahun 2022, 

Baca juga: NasDem Harus Konsolidasi Sedini Mungkin

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai NasDem meraih posisi ke-4 dengan perolehan suara tertinggi. Cita-cita yang lebih besar disepakati dalam Kongres Partai NasDem yang menargetkan posisi dua besar partai pemenang pada 2024 mendatang. Dengan tekad tersebut, rangkaian Rakorwil menjadi sangat krusial sebagai wadah evaluasi dan penyusunan strategi menghadapi kontestasi.

"Tantangan begitu besar harus kita hadapi, tapi tantangan itu jauh lebih besar ketika kita tidak mengenal tantangan yang sedang kita hadapi. Untuk itulah saudara-saudara, marilah kita lebih memperkokoh tekad dan semangat kita. Memperbaiki output kinerja kita karena kesempurnaan tidak pernah kita miliki dalam kodrat manusia," jelas Surya Paloh.

Sementara, dalam menyambut Pilpres, Partai NasDem terus membangun komunikasi politik dengan parpol lain perihal koalisi, untuk dapat mengusung putra-putri terbaik bangsa. Partai NasDem memilih cara konvensi yang terbuka baik untuk kader maupun non-kader.

Rakorwil Partai NasDem sebelumnya telah digelar di 15 provinsi. Mulai dari Papua, Jawa Barat, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, dan Kepulauan Riau. Kemudian Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara. Tak ketinggalan, Partai NasDem DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat baru-baru ini selesai menggelar rapat konsolidasi tersebut. 

Rakorwil Partai NasDem Jawa Timur turut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, Ketua DPW NasDem Jawa Timur Sri Sajekti Sujunadi, serta jajaran Ketua DPP Partai NasDem. (A-2)

BERITA TERKAIT