27 May 2021, 12:10 WIB

DPP Partai NasDem Pimpin Konsolidasi Partai di Sulut


Marselina Tumundo | Politik dan Hukum

PARTAI NasDem menggelar rapat koordinasi wilayah (rakorwil) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada 26-27 Mei 2021. Perhelatan dalam rangka konsolidasi internal NasDem itu digelar di Kota Manado dan dibuka oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali.

Tujuan dari rakorwil ini adalah untuk memanaskan mesin partai dan memperkuat struktur internal partai menjelang Pemilu serentak 2024. Ahmad Ali menegaskan, setiap struktur partai dari provinsi hingga desa/kelurahan didorong untuk membangun basis kuat melalui berbagai program sesuai kebutuhan masyarakat. 

Dalam setiap rakorwil, Partai NasDem juga ingin mempersiapkan sistem keanggotaan partai dari tingkat Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) hingga Dewan Pimpinan Ranting (DPRt), sebelum memasuki tahapan verifikasi partai politik oleh KPU pada 2022 mendatang.

“Rakorwil di seluruh Indonesia ada untuk memastikan bahwa struktur Partai NasDem sampai tingkat DPRt terbentuk di 2021. Itulah modal, syarat, dan kekuatan Partai NasDem,” terang Ali saat membuka rakorwil pada Rabu (26/5) pagi waktu setempat.

Ali juga menyatakan persoalan soliditas turut menjadi fokus Partai NasDem dalam menyusun capaian kontestasi 2024 mendatang. Anggota Komisi III DPR RI itu kembali menegaskan kerja-kerja politik partai merupakan usaha jangka panjang yang tidak akan kokoh jika dilakukan secara orang per orang.

“Untuk mewujudkan cita-cita tidak bisa hanya orang per orang. Kita harus punya komitmen dan mimpi yang sama. Berhimpunnya berbagai latar belakang di Partai NasDem, seperti akademisi, aktivis, budayawan, dan lainnya tidak bisa berjalan berdasarkan maunya sendiri,” tegas Ali di hadapan sekitar 160 kader yang hadir.

Sambutan Wakil Ketua Umum Partai NasDem itu ditutup dengan menyampaikan pesan dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, yang tidak bisa menghadiri rakorwil secara langsung.

“Saya menyampaikan salam hangat dari Ketua Umum Surya Paloh untuk seluruh kader di provinsi Sulawesi Utara. Beliau mengapresiasi setiap konsolidasi di seluruh wilayah. Kita percaya bahwa kemenangan yang pernah kita raih di 2019, mampu kita rebut kembali dan pertahankan,” kata Ali.

Rakorwil Partai NasDem sebelumnya telah digelar di 12 provinsi, yaitu di Papua, Banten, Jawa Barat, Lampung, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau. Kemudian Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Usai Sulut, rakorwil NasDem akan digelar di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Maluku, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. (Put/P-2)

BERITA TERKAIT