26 May 2021, 08:27 WIB

Wapres Minta Semua Pihak Ciptakan Suasan Kondusif di Papua


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin berharap semua pihak menjaga situasi kondusif di Papua dan Papua Barat agar percepatan pembangunan di kedua provinsi itu dapat secepatnya terlaksana.

Seluruh elemen masyarakat dan lembaga terkait diharapkan ikut mendukung percepatan pembangunan demi kesejahteraan tersebut.

“Saya mengharapkan dan mengajak kita semua bersama-sama memberikan dukungan terbaik agar bisa memberikan hasil serta manfaat yang nyata,” katanya saat memberikan sambutan pada acara Inaugurasi Putra/Putri Terbaik Papua dan Penyandang Disabilitas untuk Berkarya di BUMN, yang diselenggarakan secara daring dan luring di Istana Wapres Jakarta, Selasa (25/5).

Baca juga: Sekjen PDIP Sebut Soal Capres Hak Preogratif Megawati

Ma’ruf menegaskan pemerintah sangat serius memegang komitmen memajukan Tanah Papua agar tidak mengalami ketertinggalan dari daerah-daerah yang lain.

“Pemerintah serius dalam membangun dan memajukan sumber daya manusia di Tanah Papua agar sejajar dengan saudara-saudara setanah air lainnya,” tegasnya.

Menurutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat terus menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.

Komitmen ini menjadi acuan pemerintah dalam meminimalisasi kesenjangan sosial dan opini “Jawasentris” agar semua daerah memiliki kesempatan yang sama dalam segala bidang, khususnya bagi Tanah Papua.

Untuk itu, salah satu langkah yang dilakukan pemerintah yaitu dengan melantik untuk berkarya di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Pelantikan ini merupakan pelaksanaan komitmen Presiden pada 10 September 2019 di Istana Negara, untuk melakukan afirmasi penerimaan 1.000 orang putra/putri terbaik Papua untuk berkarya di berbagai BUMN, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Ma’ruf berharap para putra dan putri Papua serta penyandang disabilitas yang dilantik dapat bekerja dengan optimal dan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya ucapkan selamat bekerja dan semoga sukses. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian dan buktikan bahwa kalian layak menjadi teladan bagi putra dan putri Indonesia,” pungkasnya.

Menteri BUMN Erick Thohir, yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan BUMN tidak hanya berupaya menggerakkan ekonomi nasional saja, tetapi juga mengatasi berbagai permasalahan sosial yang semakin menjadi akibat pandemi covid-19.

“BUMN sebagai lokomotif ekonomi Indonesia tidak hanya berkomitmen dan konsisten dalam menggerakkan ekonomi nasional. Upaya transformasi BUMN juga untuk permasalahan ekonomi dan sosial yang di masyarakat pada umumnya, yang semakin dalam akibat pandemi ini. Salah satunya adalah pemerataan kesejahteraan dan kesempatan bagi penyandang disabilitas dan putra-putri Papua. Kami percaya, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi tidak akan optimal jika tidak merata dan tidak inklusif,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar menuturkan akan terus berkomitmen mengembangkan potensi Papua dan Papua Barat.

“Kami, Forum Human Capital Indonesia, merupakan komunitas penggiat human capital di BUMN akan berupaya secara optimal mengembangkan potensi di Papua dan Papua Barat karena kami yakin penerapan prinsip inclusivity dan diversity akan memperkaya serta mengakselerasi kemajuan BUMN,” jelasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT