20 May 2021, 14:16 WIB

Presiden: Produk UMKM Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh pihak, mulai dari pemerintah, swasta dan masyarakat mendorong UMKM untuk berkembang dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Festival Joglosemar dengan tema 'Artisan Of Java' secara virtual, Kamis (20/5). Festival tersebut merupakan puncak kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021.

Produk-produk UMKM, sambung presiden, harus mendapat tempat terbaik, baik dalam pasar daring maupun konvensional. Dengan begitu, barang-barang buatan anak bangsa bisa dilirik masyarakat.

"Beri tempat terbaik bagi UMKM kita. Tempatkan produk UMKM di etalase terdepan pusat perbelanjaan. Perkenalkan dan pasarkan produk-produk itu kepada masyarakat," ujar Jokowi

Baca juga : Tiongkok Masih jadi Pangsa Ekspor Impor Terbesar Indonesia

Tidak hanya di pusat perbelanjaan, produk UMKM juga harus di lokasi-lokasi strategis seperti daerah wisata, area publik atau transportasi umum terutama yang dikelola BUMD dan BUMN.

"Produk umkm harus lebih banyak mengisi airport, rest area dan tempat-tempat wisata tempat strategis lainnya," ungkapnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, kepala negara meyakini pemulihan ekonomi nasional bisa berjalan dengan baik sesuai rencana. Pertumbuhan ekonomi pun bisa merata dan UMKM bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

"Kebangkitan UMKM bukan hanya di Festival Joglosemar saja, tapi juga di pasar nasional bahkan kompetitif di pasar global," pungkasny  (OL-2)

 

BERITA TERKAIT