14 May 2021, 20:51 WIB

TNI Polri Identifikasi Jenazah Kelompok Lekagak Telenggen


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

TIM gabungan TNI-Polri melakukan identifikasi jenazah anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang tewas setelah terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan, Kamis (13/5).

Proses identifikasi dilakukan dengan mengambil sidik jari, barang-barang hiasan, mencocokkan wajah.

Adapun, ciri-ciri dan tanda yang melekat pada jenazah antara lain anting besi ditelinga kiri dan kanan, gelang besi ditangan, manik-manik kalung plastik.

Selain itu, TNI Polri juga meminta keterangan Kepala Distrik Ilaga Utara Joni Elatotagam dan Kepala Dinas Dukcapil Puncak sekaligus Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak.

Dari hasil identifikasi, diketahui bahwa teroris tersebut adalah Wandis Enimbo, pria berusia 29 tahun yang merupakan ajudan pribadi Lesmin Waker.

"Dari identifikasi dan keterangan saksi, bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy melalui keterangan resmi, Jumat (14/5)

TNI Polri juga mengamankan barang bukti berupa satu unit helm militer, dokumen, senjata tajam, panah dan telepon seluler.

Iqbal mengungkapkan, saat ini, jenazah Wandis Enimbo telah diserahkan kepada pihak keluarga yang diwakili oleh Kepala Distrik Kago Ilaga disaksikan oleh Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak dan beberapa tokoh masyarakat.

Adapun, Lesmin Waker yang merupaka. komandan Pasukan Pintu Angin Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) juga terkena tembakan namun dibawa kabur oleh anggota kelompok lainnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT