13 May 2021, 22:26 WIB

TNI-Polri Tembak Mati Komandan Pasukan Teroris Papua Lesmin Waker


Trib Subarkah | Politik dan Hukum

KOMANDAN Pasukan Pintu Angin Kelompok Teroris Lekagak Telenggen, Lesmin Waker, berhasil ditembak mati oleh pasukan Pinang Sirih TNI dan Pasukan Polri di wilayah Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Papua.

Lesmin merupakan pelaku penembak anggota Operasi Nemangkawi Bharada Komang.

Menurut Kepala Satgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy, Kampung Wuloni yang menjadi lokasi baku tembak merupakan salah satu tempat persembunyian kelompok teroris Lekagak Talenggen.

"Keberhasilan ini diawali dengan kontak tembak pada Rabu pukul 07.25 WIT antara KKSB di kampung Wuloni pimpinan Lerimayu Telenggen dengan pasukan Nanggala YR 500 dan Pinang Sirih (Cakra)," jelas Iqbal melalui keterangan tertulis, Kamis (13/5).

Dalam baku tembak tersebut, dua anggota kelompok kriminal bersenjata dinyatakan tewas. Salah satunya telah dievakuasi sementara yang lain belum. Usai kejadian tersebut, Pasukan Pinang Sirih TNI bersama perseonel Polres Puncak melakukan penyisiran.

Dari hasil penyisiran yang dipimpin Iptu Budi Basrah tersebut, diamankan barang bukti antara lain satu unit helm militer, dokumen, berbagai senjata tajam, panah, dan ponsel. Iqbal menyebut barang bukti tersebut ditemukan di dalam rumah honai milik Lesmin Waker.

Sehari sebelumnya pada Rabu (12/5), Iqbal mengatakan pasukan TNI-Polri juga melakukan penindakan di Kampung Tagaloa, Kabupaten Puncak. Saat itu, pasukan gabungan berhasil mengahalu gangguan tembakan dari kelompok teroris.

Dengan mengamankan dan menguasai Camp Tagaloa, pasukan berhasil menyita barang bukti berupa tiga buah bendera Bintang Kejora.

"Satu buku cetak Menuju Papua Baru oleh Dr Benny Giay, empat buah kapak, tiga linggis, empat parang, satu palu, 46 anak panah, dan satu busur," pungkasnya. (OL-8)

 

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT