12 May 2021, 19:25 WIB

Pengecekan Pendatang Luar Negeri di Bandara Soetta Diperketat


Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta anggotanya yang bertugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk lebih mengecek lebih lanjut terhadap pendatang dari luar negeri.

Listyo melihat masih ada celah saat kedatangan warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri, terutama pada saat pengecekan hasil tes swab PCR.

"Saya lihat masih ada satu celah yang rekan-rekan saya minta itu untuk diperkuat, yaitu pada saat datang kemudian pengecekan PCR, saya minta untuk dilakukan lagi pengecekan ulang. Khususnya pada saat setelah diperiksa dengan menggunakan termo dan kemudian suhunya didapati tidak normal, segera laksanakan pemeriksaan antigen," kata Listyo, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (12/5).

Selain itu, ia juga meminta anggotanya untuk mengecek apakah pendatang tersebut telah menjalani vaksinasi. Jika belum, kata ia, maka harus diawasi dengan ketat.

"Kalau mereka belum vaksin artinya ada kemungkinan bahwa mereka juga masih ada potensi jadi carrier, sehingga betul-betul harus dilaksanakan pemeriksaan," kata Listyo.

Lebih lanjut, ia juga meminta anggotanya mengawasi betul proses karantina yang harus dilalui para pendatang. Ia mengatakan jangan sampai ada pendatang yang kabur dari proses karantina tersebut.

"Saat mereka start di bandara dan sampai di hotel yang sudah ditentukan, maka ada petugas yang di dalam, sehingga kemudian tolong diatur dengan baik. Kalau kekurangan anggota minta ke Polda Metro atau minta ke Mabes. Mulai dari alur kedatangan sampai hotel sampai mereka keluar seluruh prokes sudah dilaksanakan dengan baik," pungkas mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT