05 May 2021, 19:48 WIB

Hasil Tes Novel Baswedan Bocor, Ketua KPK: bukan dari Internal


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri enggan menjawab kabar perihal tidak lolosnya penyidik senior KPK Novel Baswedan dalam tes wawasan kebangsaan. Diketahui, 75 orang dari 1.351 pegawai KPK dinyatakan tidak memenuhi syarat kelulusan.

"Tentu untuk 75 nama kami akan sampaikan melalui Sekjen setelah SK keluar. Kami tidak ingin menebar isu," ujar Firli di gedung KPK, Rabu (5/5).

Firli berdalih dengan tidak mengumumkan sejumlah nama pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, itu sejalan dengan komitmen menghormati hak asasi manusia (HAM). Sebab, pengumuman 75 nama pegawai tersebut akan berdampak pada keluarga maupun orang di sekitar pegawai yang dimaksud.

Baca juga: Soal Hasil Tes Novel Baswedan, DPR Minta KPK Transparan

Selain itu, Firli juga memastikan bocornya sejumlah nama pegawai KPK yang tidak lulus tes, bukan berasal dari internal KPK. Dia menjelaskan bahwa hasil tes yang diterima sejak 27 April lalu, masih disegel dan disimpan dalam lemari.

"Sampai sore hari tadi dibuka, disaksikan dengan seluruh struktural KPK, eselon 1 eselon 2. Anggota Dewas KPK lengkap, pimpinan KPK lengkap. Termasuk juga didokumentasikan oleh kawan-kawan humas," pungkas Firli.

"Jadi kami pastikan tidak ada penyebaran nama-nama," tandasnya.(OL-11)

 

 

 

BERITA TERKAIT