04 May 2021, 18:33 WIB

Soal Hasil Tes Novel Baswedan, DPR Minta KPK Transparan


Putra Ananda | Politik dan Hukum

PENYIDIK KPK Novel Baswedan dikabarkan tidak lolos tes assesment wawasan kebangsaan hingga terancam dipecat dari lembaga antirasuah. 

Menanggapi kabar tersebut, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman meminta KPK transparan terhadap hasil tes Novel Baswedan.

"Kita dorong untuk transparan saja hasil tesnya. Kayak dulu jaman kuliah, kalau tidak lulus diumumkan nilai di mata kuliah," ungkap Habiburokhman di Komplekas Parlemen, Selasa (4/5).

Lebih lanjut, dia meminta agar semua pihak menunggu informasi resmi dari KPK terkait hasil tes para penyidik, yang dikabarkan tidak lolos. Dirinya pun menyangsikan Novel Baswedan gagal mengikuti tes tentang wawasan kebangsaan, sebagaimana informasi yang beredar.

Baca juga: Novel Baswedan Tak Lolos ASN, Sekjen KPK: Infonya Masih Tersegel

"Kalau tes wawasan kebangsaan itu Pak Novel kan alumni Akpol. Saya pikir ketika masuk Akpol ada pendidikan berjenjang. Ada sespimen mungkin sudah diikuti. Tapi kok kayaknya sulit kalau enggak lulus. Tapi bagaimanapun itu kewenangan pihak yang melakukan tes," imbuhnya.

Dalam waktu dekat, Komisi III DPR RI juga akan memanggil KPK untuk dimintai keterangan terkait hasil tes para penyidik. DPR akan menilai upaya KPK dalam melakukan tes kepada penyidik.

"Ya kita lihat dulu. Lolos tidak lolosnya kenapa. Baru kita bisa sampaikan pendapat. Pasti nanti ada hearing dengan KPK ketika masa sidang habis Lebaran," tandas Habiburokhman.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT